BEBAS BERKARYA | Janganlah pikiran kita terbelenggu dengan penilaian orang lain. Berpikirlah dengan merdeka, bertindaklah dengan tenang, dan bersikaplah menjadi dirimu sendiri.

Proses yang benar dan konsisten akan menentukan kualitas hasil yang didapat - PB 2010

Membuat menu list down

ENDONESIA | Wednesday, January 21, 2009 | 0 comments


Hi para pengguna excel, lihat pada gambar apakah sudah pernah mencoba, jika belum mari kita lihat di bawah ini triknya:











Untuk membuat menu list down pada sebuah cell di excel ada beberapa tahap, yaitu :
Tahap pertama, buat dulu data yang akan kita masukkan ke dalam list down menu. Misalnya list bulan dari januari sampai desember. Seperti apda contoh di gambar atas, data bulan kita buta di D1 sampai D12 (D1:D12).

Tahap ke dua, piliha lokasi cell yang akan diseting sebagai lokasi menu list down. Pada contoh lokasi yang dipilih adalah Cell A2. (letakkan kursor pada cell A2)

Tahap ke tiga, pada menu bar klik Data --> Validation, maka akan keluar jendela window Data Validation. Pada Tab Settings, dibagian Allow: ganti dengan List, maka bagian Source menjadi terbuka. Pada kotak pengisian source isi dengan =$D$1:$D$12, lalu klik OK

Fungsi tanda $ pada =$D$1:$D$12, berguna untuk mengunci cell yang digunakan sebagai link data.
Fungsi tanda : pada =$D$1:$D$12, merupakan perintah "sampai dengan". Pada rumus tersebut berarti baca data dari cell D1 sampai dengan D12. SELAMAT MENCOBA

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments

Mohon kiranya dapat berpartisipasi memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Terimakasih

Blog Friend's