BEBAS BERKARYA | Janganlah pikiran kita terbelenggu dengan penilaian orang lain. Berpikirlah dengan merdeka, bertindaklah dengan tenang, dan bersikaplah menjadi dirimu sendiri.

Proses yang benar dan konsisten akan menentukan kualitas hasil yang didapat - PB 2010

Rumus Pembulatan ke Atas (Excel)

ENDONESIA | Monday, January 09, 2012 | 7 comments

Menjawab beberapa pertanyaan pada postingan sebelumnya yang berjudul "Formula Excel untuk pembulatan" saya ingin manambahkan lagi rumus pembulatan ke atas. Sebab hal ini atau pembulatan ke atas sering kali terjadi dan digunakan dalam dunia perdagangan atau jasa lainnya.

Seperti pada contoh di samping, dimana terdapat kondisi perhitungan pelunasan, dengan total bayar adalah Rp63.835.893,- namun karena alasan kembalian dan sebagainya banyak yang melakukan pembulatan ke atas, dengan rumus ROUNDUP(rumus atau angka yg ingin dibulatkan; digit yang ingin kita bulatkan) sehingga rumus yang harus di tulis pada contoh di atas adalah :
=ROUNDUP((D6+D12);-3)

Menjawab komentar pada postingan sebelumnya :
Anonymous says:
October 14, 2011 4:33 AM

contoh cell I3=169.500
untuk menjadi 175.000 harus pakai rumus yang bagaimana?

Tanggapan:

Untuk kondisi di atas menurut saya bukanlah pembulatan, sebab selisih dengan nilai awal cukup besar. Mungkin jika terjadi demikian saya biasanya menyebut dengan istilah "Markup"


Category: ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

7 comments:

Mohon kiranya dapat berpartisipasi memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Terimakasih

Blog Friend's