.

.

BEBAS BERKARYA | Janganlah pikiran kita terbelenggu dengan penilaian orang lain. Berpikirlah dengan merdeka, bertindaklah dengan tenang, dan bersikaplah menjadi dirimu sendiri.

Proses yang benar dan konsisten akan menentukan kualitas hasil yang didapat - PB 2010

Wednesday, February 18, 2009

Filled Under: ,

Mengubah angka menjadi terbilang (teks)

Minggu kemarin waktu saya ke bandung saat sedang makan MC'D di simpang saya gak sengaja mendengar pembicaraan 2 orang yang sedang membahas tentang formula yang mengubah angka pada excel menjadi terbilang. Salah satu orang dalam pembicaraan itu menantang temannya untuk membuatnya, dan diterimalah tantangan itu, namun sepertinya hasilnya masih sangat sederhana, sebab dibuatnya tidak menggunakan macro


Nah karena hal itu saya jadi kepikiran tentang hal itu, sebab dulupun saya pernah membuatnya, tapi sejujurnya bukan 100% karya saya, soalnya buatnya rame-rame. Dah lama saya gak pake formula itu, sebab saya buatnya pada saat masih sering menggunakan Visual Basic. Nah singkat cerita saya koprek tuh komputer lama tuk cari formula, saya gak lupa kalau rumus macro dan VB bisa dibilang emang sama.


Nah untuk mau formulanya silahkan DOWNLOAD

http://www.ziddu.com/download/3559586/terbilang.rar.html

atau jika ada masalah dalam proses download kirim permintaan pada kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama dan email

Setelah berkas (file) anda download, bukalah dengan NotePad

Bukalah Excel baru, atau file aplikasi yang anda miliki dan ingin ditambahi kode ini.

klik Tools > Macro > Visual Basic Editor.

Di bagian VBAProject pada sebelah kiri, klik-kanan pada ThisWorkbook > Insert > Module, lalu copy - paste kode macro yang ada pada WordPad.

Lalu masuk lagi ke Excel , dan cobalah menulis angka pada sembarang cell, untuk contoh tulis angka pada Cell A1 = 1234, lalu pada Cell B1 anda tulis formula seperti ini =terbilang(123) atau =terbilang(A1)

Apa yang terjadi ? (BUKAN SULAP BUKAN SIHIR)

Bila macro pada aplikasi Excel Anda tidak dapat dijalankan, periksalah bagian Macro security. Klik ke Tools > Macro > Security Ubah pilihan Security level ke Low

Untuk mengaktifkan add-ins ini, Download file *.xla . Di Excel, klik menu Tools > Add-Ins…. Di kotak Add-Ins yang terbuka, klik tombol Browse… dan arahkan ke berkas .xla yang Anda miliki. Add-ins untuk fungsi terbilang kini tampak dalam daftar. Centang kotaknya lalu klik tombol OK. Anda sekarang dapat menggunakan fungsi ini di semua dokumen Excel yang Anda buka.
http://www.ziddu.com/download/3559587/terbilang_addins.zip.html

2 comments:

  1. terima kasih atas share ilmunya, tapi apakah bisa apabila digunakan untuk mata uang selain rupiah, USD misalnya, karena kebetulan diktr kami kadang2 ada transaksi yg memakai mata uang USD..

    terima kasih..

    ReplyDelete
  2. mohon bantuannya untuk download terbilang.rar ke alamat email : randy_oke123@yahoo.co.id, terima kasih dari Zulfikar di Medan

    ReplyDelete

Mohon kiranya dapat berpartisipasi memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Terimakasih