BEBAS BERKARYA | Janganlah pikiran kita terbelenggu dengan penilaian orang lain. Berpikirlah dengan merdeka, bertindaklah dengan tenang, dan bersikaplah menjadi dirimu sendiri.

Proses yang benar dan konsisten akan menentukan kualitas hasil yang didapat - PB 2010

Aplikasi penghitungan biaya listrik PLN

ENDONESIA | Friday, February 05, 2010 | 1 comments

pada akhir tahun 2009 kemarin, saya mendapatkan masalah dengan nilai tagihan listrik PLN di rumah. Nilai tagihannya kok lebih besar dari biasanya. Rata-rata pembayaran tiap bulannya itu pada kisaran 100 rb -an, namun di Desember 2009 sampai 300 rb. Kebetulan pembayaran yang kami lakukan selalu sistem debet dari rekening tabungan, yang konsekuansinya nilai yang tidak normal tadi sudah terbayarkan.

Akhirnya saya mencoba mengecek ke PLN dan komplain terhadap nilai tagihan ini. Dan ternyata benar, ada kesalahan pencatatan pada meteran. Saat itu saya meminta cash back dari nilai lebih yang telah saya bayarkan, dan ternyata di PLN tidak menganut cara demikian.

Cara yang dilakukan PLN agar nilai lebih tadi dikembalikan, dengan mengkonfersikan nilai lebih tadi ke tagihan bulan berikutnya. Akhirnya kesepakatan itu muncul antara PLN dan saya.

Tapi yang saya sempet kesel saat saya komplain itu dari petugas PLN mempertanyakan "kok tagihan listriknya kecil sih Pak...?" saat itu saya balikkan dengan pernyataan "PLN ini gimana sih.... masyarakat diminta hemat, sudah hemat dipertanyakan kok taghannya kecil ?" Capek dehhhhh....(dalam hati saya)

Intinya seperti itulah, kita wajib wapada untuk mengoreksi meteran listrik kita dengan meteran yang tertera pada penagihan.

Namun dari itu hikmahnya saya mendapatkan apliksi komputer penghitungan pembayaran listik. Program komputer ini digunakan untuk menghitung tagihan listrik berdasarkan informasi Golongan, Besar Daya, Jumlah Penggunaan dan informasi lain yang dibutuhkan. Perhitungan Tagihan Listrik didasarkan atas Tarif Dasar Listrik (TDL) yang sudah ditentukan.

Untuk mendapatkannya bisa di download di sini:

DOWNLOAD PROGRAM PENGHITUNGAN BIAYA PLN

atau ketik alamat di bawah ini:
http://www.ziddu.com/download/8465996/HitungTagihanListrik-v0.3-bin.7z.html

namun ada juga cara praktis untuk melihat tagihan listrik kita saat ini atau tagihan sebelumnya, yaitu bisa klik di sini:

Note: Pastikan pada komputer anda terdapat WIN ZIP

LIHAT TAGIHAN LISTRIK PLN

atau ketik alamat di bawah ini:

http://202.162.217.251/info_billing/index.php

Category: ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

1 comment:

Mohon kiranya dapat berpartisipasi memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Terimakasih

Blog Friend's