Character dalam Analisa Kredit (5C)
- Character terhadap sikap dan prilaku, hal ini bisa kita lihat disaat calon nasabah sedang kita survey dimana terlihat sikap dan prilaku dari calon nasabah apakah lembut, kasar, pemarah, periang, pendiam, suka bicara, sombong dsb.
- Character terhadap pola aktivitas transaksi, hal ini tidak bisa lansung kita lihat pada saat kita survey, sebab pola transaksi berhubungan dengan pola bayar, pola kerja, pola tagih, pola belanja, pola jualan dsb. Untuk melihat pola ini diperlukan beberapa dokumen yang harus kita minta dari calon nasabah.
- History pembayaran sebelumnya, hal ini ada jika calon nasabah sebelumnya pernah memiliki ikatan kredit, atau biasanya nasabah ini disebut dengan nasabah RO (Repeat Order) atau AO (Additional Order). Namun jika tidak, kita bisa menanyakan kepada nasabah apakah pernah punya kredit di tempat lain. Jika pernah kita bisa minta untuk melampirkan dokumen tersebut.
- BI Checking, khusus BI Checking biasanya hanya bisa dilakukan oleh pihak Bank, dimana akan terlihat segala bentuk hutang yang dimiliki nasabah di setiap bank yang ada di Indonesia apakah masuk kategori Lancar, DPK (Dapat Perhatian Khusus), Diragukan atau Macet.
- Bukti pembayaran Listrik, Telkom atau PAM, 5 bulan terakhir
- Lain - lain (Segala bentuk bukti pembayaran dilakukan setiap bulan dalam periode tertentu (min.5 bulan) dan mengacu kepada tanggal jatuh tempo.)
- Jangan terpengaruh pada nilai transaksinya apakah besar atau kecil sebab yang kita lihat bukan nilainya namun pola bayarnya.
- Lihat tanggal jatuh temponya dan tanggal transaksinya. Apakah tanggal transaksi selalu lebih besar dari tanggal jatuh tempo.
- Perhatikan jumlah hari Overdue (selisih dari tanggal bayar dengan tanggal jatuh tempo)
- Perhatikan transaksi sebelumnya apakah polanya sama atau berbeda, jika berbeda beda, coba buat standarisasi hari Overdue untuk menentukan seberapa jelek karakter calon nasabah kita. Jika semakin besar Overdue nya maka karakternya bisa dikatan jelek.
Category: Analysis Credit, artikel, Informasi
0 comments