BEBAS BERKARYA | Janganlah pikiran kita terbelenggu dengan penilaian orang lain. Berpikirlah dengan merdeka, bertindaklah dengan tenang, dan bersikaplah menjadi dirimu sendiri.

Proses yang benar dan konsisten akan menentukan kualitas hasil yang didapat - PB 2010

Sharing : Memberi pemahaman pengertian bilangan ganjil dan genap

ENDONESIA | Sunday, August 21, 2016 | 0 comments

Seminggu yang lalu, anak saya bercerita tentang materi belajar baru pada mata pelajaran matematika, dimana dia membahas bilangan ganji dan genap. Saat itu sedikit saya tes dengan saya menyebut angka dan dia menjawab ganji atau genap. Namun cara menjawabnya saya agak sedikit kawatir sebab dia selalu mengurutkan angka bilangan tersebut dari awal.

Misal jika saya sebut angka 5 ganjil atau genap, walapun dia tidak berucap namun matanya menerawang sejumlah angka dan lalu dia menjawab ganjil. Jika angka ganjil atau genap saya sebutkan dalam range 1 sampai dengan 10, dia bisa menjawab namun jika saya sebut angka di atas 10 bahkan diatas 20 dia tidak bisa menjawab. Kalaupun bisa menjawab 1 pertanyaan bisa 5 menitan (hehehe lebay...maksudnya lama banget).

Setelah saya tanya ulang apa pengertian bilangan ganjil dan genap, dan dia menjelaskan dari buku catatan, kata gurunya bilangan ganjil adalah urutan bilangan dari angka 1, dan selanjutnya lompat 2 angka. contoh 1, 3, 5, 7, 9, 11 dan seterusnya, dan bilangan genap adalah urutan bilangan dari angka 0 dan selanjutnya lompat 2 angka. Contoh 0, 2, 4, 6, 8, 10 dan seterusnya, dari pengertian itu akhirnya saya paham mengapa anak saya sangat lama jika menjawab angka tersebut termasuk bilangan ganjil dan genap. 

Lalu saya memberikan pengertian praktis kepada anak saya tanpa menyalahkan pengertian dari gurunya, dimana pengertian yang saya berikan :
Bilangan Genap adalah : angka bilangan yang jika di bagi 2 maka akan habis, sebagai contoh saya meminta tunjukkan 6 jari dia yaitu 5 jari ditambah 1 jari. Saya minta coba ambil 2 jari 2 jari sampai habis, dan saya tanya apakah ada sisa ? dia jawab tidak. Lalu saya katakan itu ciri - ciri bilangan genap, dan saya meminta dia untuk mencoba lagi dengan bilangan genap yang dia tahu.
Bilangan Ganjil adalah : angka bilangan yang jika dibagi 2 maka selalu ada sisa atau tidak bisa, sama dengan cara di atas saya minta tunjukkan 5 jari, lalu saya minta ambil 2 jari 2 jari sampai habis, lalau saya tanyakan apakah ada sisa, dia bilang ada sisa 1 jari dan saya minta lakukan dengan bilangan ganjila lainnya yang dia tahu.
Dari pemahaman itu akhirnya anak saya lebih paham apa itu bilangan ganjil dan genap ditambah pengertian dari gurunya. Lalu dia bertanya lagi, cara mengetahui itu bilangan ganjil atau genak pada angka yang besar - besar bagaimana ? Nah saya berikan trick ke dia seperti ini
Saya minta dia menghafal 5 bilangan ganji yaitu 1, 3, 5, 7, 9 biar dia semangat saya katakan ini ANGKA AJAIB. kalau angka ini dihafal maka secara otomatis bisa menjawab semuanya, dan akhirnya benar benar di hafal.
Saya katakan selain dari angka bilangan tersebut di atas, maka termasuk bilangan genap, berarti 0, 2, 4, 6, 8 dan itu tidak usah dihafal.
Lalu bagaimana menentukan angka bilangan termasuk ganjil atau genap yang 2 atau 3 digit atau lebih seperti 11, 14, 16, 35, 234, 543, atau 2345 dan seterusnya. Lalu saya katakan LIHAT ANGKA BELAKANGNYA SAJA ATAU ANGKA TERAKHIR . contoh 14 angka belakangnya 4 apakah termasuk dalam kelompok 1, 3, 5, 7, 9 ? jika tidak maka bilangan genap jika ya maka termasuk bilangan ganjil.
contoh lain 237 angka terakhir adalah 7, apakah termasuk ke dalam kelompok 1, 3, 5, 7, 9 ? Ya...berarati 237 termasuk bilangan ganjil.
Akhirnya dengan memahami trik ini disekolah setiap latihan bilangan ganjil dan genap anaka saya cepat paham dan lebih paham dari temannya.

Category: , ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments

Mohon kiranya dapat berpartisipasi memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Terimakasih

Blog Friend's